Social Icons

Pages

Minggu, 30 September 2012

STEGANOGRAFI


Steganografi adalah seni dan ilmu menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia. Sebaliknya, kriptografi menyamarkan arti dari suatu pesan, tapi tidak menyembunyikan bahwa ada suatu pesan. Kata "steganografi" berasal dari bahasa Yunani steganos, yang artinya “tersembunyi atau terselubung”, dan graphein, “menulis”.

Saya akan memberikan salah satu steeganografi yang saya pahami

Plaintext    : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z AA AB AC AD AE AF AG AH AI AJ 
Chipertext  : Q W E R T Y U I O P A S D F G H J K L Z X C V B N M   0    1   2    3    4    5   6    7   8   9

Saya akan membuat kalimat SAYA KULIAH DI TEKNIK INFORMATIKA SEMESTER 5
Dan steganografinya ialah LQNQ-AXSOQI-RO-ZTAFOA-OFYGKDQZOAQ-LTDTLZTK-AF

SAYA                  =  LQNQ
KULIAH               = AXSOQI
DI                        = RO
TEKNIK                = ZTAFOA
INFORMARTIKA   = OFYGKDQZOAQ
SEMESTER         = LTDRTRLZTK
5                         = AF
SPASI ( )             = -

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai steganografi yang saya pahami
Semoga yang membaca dapat dengan mudah memahami dan mempraktekkan nya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar